Berita

Jumat, 6 Juli 2012

Yakkum bekerja sama dengan PATELKI Cabang Surakarta menyelenggarakan Workshop Occupational Safety and Health and Laboratory Quality Assurance Toward Hospital Accreditation. Workshop yang diperuntukkan para praktisi laborat ini diadakan di Fave Hotel Solo pada tanggal 6-7 Juli 2012. Workshop 2 hari ini merupakan bentuk partisipasi Yakkum dalam pelayanan laboratorium klinik, terutama dalam pelatihan K3 dan Pemantapan Mutu Laboratorium Klinik. Materi yang disampaikan adalah mengenai praktik K3 laboratorium sesuai dengan standar akreditasi terbaru, materi pemantapan mutu internal mulai dari pre analitik, analitik, dan pasca analitik, serta sikap-sikap analis dalam praktik laboratorium yang baik dan benar.

Sejumlah pemateri dihadirkan dalam pelatihan yang diikuti oleh sekitar 50an peserta, di antaranya dr. Daniel Budi Wibowo, MKes., dr. B. Rina A. Sudharta, SpPK., dr. Usi Sukorini, MKes., dr. Andreas Agung W. MKes, Sp.PK., dr. Anton W.P., MH. Kes, SpPK, dr. Tahono, SpPK. dr. Suparitrono, SpPK, dr. Purwanto AP. SpPK, dan dr. MI. Diah Pramudianti SpPK MSc.

"Ada beberapa tujuan dalam workshop, yakni untuk meningkatkan pengetahuan analis mengenai perkembangan iptek, meningkatkan kemampuan analis dalam menerapkan K3 di laboratorium, meningkatkan jaminan keselamatan bagi pasien, dan meningkatkan mutu laboratorium dalam pelayanan dan akurasi hasil pemeriksaan yang dikeluarkan", jelas Eko Sumanto, selaku panitia.