Berita

Rabu, 5 Agustus 2015

Sebagai upaya untuk memahami pelayanan yang berfokus pada kebutuhan utama pasien yang berkualitas, berkesinambungan, dan efisien di Rumah Sakit Yakkum, Yakkum menyelenggarakan seminar “Patient Centered Care (PCC) : Konsep, Tantangan, dan Strategi Implementasi di Rumah Sakit Yakkum”. Acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu 20 Juni 2015 di Hotel Novotel Solo ini dihadiri sekitar 70-an orang dari Unit Kerja Rumah Sakit jajaranYakkum. Seminar ini menghadirkan 3 Pembicara, Dr. Nico A. Lumenta K. Nefro. MM., MH.Kes. dari KARS; Dr. Hans Wijaya, MM. CIA. Dari National Hospital, dan Christina Widyastuti, SH., customer RS Panti Waluyo Solo.

Ketua 2 Pengurus Yakkum, DR. Dr. Bagoes Widjanarko, MPH, MA., membuka seminar pada pukul 09.00 WIB. Selanjutnya Dra. P.E. Wardhani, MAB.Apt, dari RS Bethesda Yakkum Yogyakarta, menjadi moderator sesi. Dr. Nico A. Lumenta menjelaskan Konsep, Tantangan, dan Strategi Implementasi PCC di RS Yakkum, Dr. Hans Wijaya membawakan materi Kelayakan Implementasi PCC di RS Yakkum di Era MEA., dan Christina Widyastuti, SH., menyampaikan Kebutuhan dan Harapan Pasien Terhadap Pelayanan di RS Yakkum di Era Kompetisi MEA. Sebagai Penutup, Dra. Endang Budiarti, Apt., M.Pharm. (RS Bethesda) memimpin perumusan Rencana Tindak Lanjut (RTL).

Diharapkan melalui seminar ini RS Yakkum dapat mengidentifikasi karakter, keinginan dan harapan pasien; mampu memahami PCC sebagai core competititiveness dalam pelayanan; memahami tantangan dan strategi implementasi PCC; memahami manajemen operational cost yang menyatu dengan PCC, untuk selanjutnya menyusun strategi bersama implementasi di masing-masing RS.