Program

Dalam kesederhanaan kami ikut berpartisipasi dalam gerakan  Green wave campaign  dengan sebuah acara sederhana yang digelar pada hari Kamis, 22 Mei 2014. Perayaan yang diselenggarakan di sentra ini hanya dihadiri oleh sekitar 90 hadirin yang terdiri dari staff, anak binaan dan keluarga serta beberapa relawan. Sebelum acara penanaman pohon terlebih dahulu diberikan paparan singkat mengenai Green wave campaign oleh salah satu staff, Ibu Nir partiningsih. Dalam paparan melaui sebuah presentasi, hadirin diajak untuk lebih peduli pada lingkungan dengan menjaga dan memelihara serta tidak mengabaiakan hal-hal kecil yang sederhana namun dapat membawa dampak yang besar bagi lingkungan, misalkan pentingnya pemisahan sampah basah dan kering, hemat dalam penggunaan listrik  dan air, menjaga polusi lingkungan kerja dari asap dan puntung rokok, dll.

Setelah presentasi, Direktut Pusat Rehabilitasi YAKKUM Ibu Arshinta disertai oleh anak-anak dan staff melakukan penanaman pohon Dewandaru. Dipilih pohon Dewandaru karena sesuai dengan himbauan dari PBB untuk menggalakkan penanaman jenis-jenis tanaman local dan langka. Dewandaru yang nama latinnya Eugenia uniflora merupakan salah satu jenis tanaman langka di Indonesia. Tanaman ini sangat bermanfaat dari mulai akar, daun, bunga hingga buahnya.

Acara yang diakhiri dengan makan siang bersama ini menimbulkan inisiatif bagi beberapa staff untuk menggagas sebuah program penghijauan di lingkungan sentra.