Profil Singkat

Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (Yakkum) merupakan sarana pelayanan kesehatan bagi penyembuhan (Healing Ministry) yang didirikan oleh Sinode Gereja-Gereja Kristen Jawa (GKJ) dan Gereja Kristen Indonesia Jawa Tengah (GKI Jateng) pada tanggal 1 Februari 1950. Dalam perkembangannya GKJ wilayah Sumatera Selatan mandiri menjadi GKSBS yang kemudian berperan sebagai gereja pendukung Yakkum. Sarana pelayanan gerejawi ini merupakan kelanjutan dari Jejasan Roemahsakit-roemahsakit Kristen di Djawa Tengah (JRSK), yang dirintis oleh Zending Gereja-Gereja Gereformeerde Belanda yang memulai misinya di Indonesia pada tahun 1899.

VISI Yakkum dalam Anggaran Dasar adalah “Menjadi lembaga pelayanan yang secara proaktif mengusahakan kehidupan Manusia beserta lingkungannya yang sehat sejahtera sebagai bagian dari perwujudan karya penyelamatan Allah”;

sedangkan MISI Yakkum adalah:

  1. Mewujudkan kehidupan manusia yang sehat sejahtera bagi semua lapisan masyarakat tanpa  membedakan suku, bangsa, agama dan kepercayaan, golongan, budaya, sosial-ekonomi, serta jenis kelamin.
  2. Mewujudkan lingkungan hidup yang utuh dan sehat bagi kesejahteraan masyarakat.

 

VISI DAN MISI STRATEGIK YAKKUM 2011 – 2016

VISI

Jaringan pelayanan kesehatan bagi penyembuhan yang terjangkau, bermutu dan bertumbuh.

MISI

  1. Mewujudnyatakan jaringan Rumah Sakit yang profesional, terjangkau, beralaskan kasih dan menjadi pilihan masyarakat
  2. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Kesehatan yang berkualitas dan menjadi pilihan utama masyarakat nasional dan internasional berdasarkan nilai-nilai Kristiani
  3. Memperjuangkan terpenuhinya hak-hak kesehatan holistik masyarakat yang berkelanjutan, melalui sinergi pelayanan kemanusiaan dan pengembangan masyarakat transformatif yang berbasis CBO, akuntabilitas, dan berkualitas.